Gunung Ungaran menyimpan banyak sekali obyek wisata yang mempesona. Salah satunya adalah Candi Gedong Songo. Komplek candi yang berada di ketinggian 1.200 Mdpl ini, hampir selalu ramai dikunjung setiap hari.

Gedong Songo sendiri berasal dari bahasa Jawa, yakni Gedong yang berarti bangunan dan Songo yang berarti Sembilan. Jadi, Gedong Songo bermakna Sembilan Bangunan.  Namun saat ini hanya ada lima bangunan candi saja yang berhasil ditemukan. Sedangkan keempat candi lainnya masih menjad misteri hingga saat ini.

Gedong Songo Carismarent-2

Apabila dari pusat Kota Semarang, Anda hanya membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai di Candi Gedong Songo. Untuk mencapainya, Anda harus melewati jalan yang berkelok-kelok dan menanjak. Bahkan ketika mendekati komplek candi, jalanan akan semakin menyempit. Untuk itu, Anda harus berhati-hati ketika berkunjung saat sedang turun hujan.

Sesampainya di komplek candi Gedong Songo, Anda akan segera melihat keindahan taman yang nampak malu-malu dibalik kabut tipis yang kerap kali turun. Pandangan Anda juga akan tertuju pada kemegahan candi pertama. Candi pertama ini paling mudah dicapai. Tim Liburan Semarang saja sampai harus antri dengan pengunjung lain ketika ingin berfoto di sini.

Gedong Songo Carismarent-4

Untuk mencapai candi kedua, Anda harus menyiapkan tenaga ekstra, karena jalan yang ditempuh akan semakin menanjak. Letaknya sekitar 500 meter dari candi pertama. Nah, bila Anda lelah, Anda dapat menyewa kuda untuk berkeliling komplek candi. Tapi bila Anda ingin sedikit berolahraga, Anda dapat melalui jalur hikinger yang lumayan terjal.

Sementara candi ketiga berada di ketinggian 1.297 Mdpl. Di candi ketiga ini, terdiri dari tiga bangunan, yakni candi induk menghadap barat yang dilengkapi dengan arca Mahakala dan Nandiswara, candi apit yang menghadap utara, dan candi perwara yang diletakkan di depan candi induk.

Gedong Songo Carismarent-3

Sementara candi keempat berada pada ketinggian 1.295 Mdpl. Di candi keempat ini terdiri dari 12 bangunan yang terbagi dalam tiga sub kelompok. Sub kelompok pertama terdiri dari candi induk dan delapan candi perwara, sub kedua terdiri dari candi satu candi perwara, dan sub kelompok ketiga terdiri dari dua candi perwara.

Terakhir, di candi kelima terdapat candi induk yang diapit reruntuhan candi perwara dan terdapat arca Ganesha. Candi kelima ini berada di ketinggian 1.308 Mdpl. Di sini, Anda dapat sejenak berendam di pemandian air panas, yang sumber airnya berasal dari kawah pegunungan Ungaran.

Sebelum pulang, Anda harus mencicipi nikmatnya sate kelinci yang dijajakan di sepanjang pelataran komplek candi. Anda juga dapat menikmati hangatnya wedang ronde dengan aroma ahe yang menyeruak. Tak lupa, Anda juga wajib membeli tahu serasi khas Ungaran dan sari kedelai yang manis, sebagai buah tangan.

Menjelajahi 5 Candi di Candi Gedong Songo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *