Semarang adalah salah kota yang sangat menghargai sejarah dan peninggalan budaya. Tak heran, jika di Semarang cukup banyak dijumpai museum yang sangat menarik. Selain sebagai sarana edukasi, berkunjung ke museum dapat juga sebagai alternatif hiburan yang berbeda. Tim Liburan Semarang telah merangkum beberapa museum yang harus Anda kunjungi: 

1. Museum Ronggowarsito

Museum Ronggowarsito Carismarent-3

Tahukah Anda, nama Museum Ronggowarsito diambil dari nama seorang pujangga besar Keraton Surakarta, yang terkenal dengan hasil karyanya dalam bidang filsafat dan kebudayaan. Museum kebanggaan masyarakat Jawa Tengah ini, diresmikan pada tanggal 5 Juli 1989, oleh Prof. Dr. Fuad Hasan. Museum ini berada di Jalan Abdulrahman Saleh No. 1, dan kini Anda sudah dapat mencapainya dengan berbagai moda transportasi.

Nuansa khas Jawa yang kental, langsung terasa ketika Anda memasuki museum ini. Sebuah patung perunggu di lobi museum, nampak menyapa setiap pengunjung yang datang. Patung Ronggowarsito ini seolah mempersilahkan Anda masuk untuk berkeliling.  

Museum Ronggawarsito memiliki koleksi yang berjumlah 59.802 buah. Seluruh koleksi tersebut terbagi dalam 10 jenis, yakni geologi, biologi, arkeologi, historika, filologi, numismatik, heraldika, kramologika, teknologika, ethnografika dan seni rupa. Tentunya Anda tak akan jemu bila harus mengelilingi museum ini.

Terlebih lagi, dalam seminggu sekali diadakan pertunjukan wayang kulit. Sebuah acara yang semakin sulit ditemui di era modern ini. Sedangkan pada hari-hari tertentu, seperti hari besar nasional, sering kali juga diselenggarakan atraksi yang mampu menarik minat masyarakat dan pelajar untuk mengunjungi museum. Atraksi yang disajikan lebih berhubungan dengan pelestarian nilai-nilai budaya seperti: Barongan, Kuntulan, Kuda Lumping dan lain sebagainya.

 

2. Museum Jamu Njonja Meneer

Museum Nyonya Meneer Carismarent-1

Museum Jamu Njonja Meneer merupakan museum jamu pertama di Indonesia, tepatnya diresmikan pada tanggal 18 Januari 1984. Museum jamu ini terletak di Jalan Kaligawe KM 4, Semarang. Museum ini didirikan dengan tujuan sebagai pusat informasi, promosi dan media untuk melestarikan warisan budaya tradisional.

Di sini Anda tidak akan dipungut biaya sama sekali. Selain itu, Anda dapat menyaksikan pemutaran slide tentang proses pembuatan jamu, dari awal hingga proses pengepakan. Anda juga dapat mencicipi serbat hangat Jamu Nyonya Meneer secara gratis. Menarik bukan?

Museum Jamu Njonja Meneer ini terbagi atas 2 bagian. Di bagian pertama, Anda akan melihat bagian yang menyajikan produktivitas jamu secara tradisional di kala itu. Sedangkan di bagian kedua, Anda akan diajak melihat barang koleksi pribadi Njonja Meneer.

 

3. Museum Mandala Bhakti

Museum Mandala Bhakti Carismarent-4

Museum Mandala Bhakti ini dibangun sekitar tahun 1930, dan awalnya dirancang sebagai Raad van Justitie (Gedung Pengadilan Tinggi), bagi golongan rakyat Eropa di Semarang. Perancangnya adalah arsitek I. Kuhr E. dan van Leeuwen. Bangunan ini berada di Jalan Mgr Sugiopranoto, tepat di depan Tugumuda.

Pada tahun 1950 difungsikan sebagai Markas Kodam IV Diponegoro. Setelahnya bangunan ini difungsikan sebagai museum yang diberi nama Museum Mandala Bhakti. Peresmian museum ini dilakukan oleh Mayor Jenderal Soegiarto pada tanggal 1 Maret 1985.

Memasuki halaman bangunan museum, Anda akan menemukan sebuah prasasti besar yang berisikan Sapta Marga prajurit. Sesaat Anda akan merasa bangunan ini nampak begitu dingin dan kaku. Di dalam museum, Anda akan mendapati berbagai koleksi perjuangan Tentara Nasional Indonesia, seperti senjata api baik yang masih tradisional maupun yang sudah modern.

Menaiki lantai dua, Anda akan disambut patung Panglima Besar Sudirman. Di belakang patung tersebut terdapat ruangan yang dulu difungsikan sebagai ruang pengadilan. Pada bagian lainnya, terdapat kendi besar bertuliskan "Kendi Manunggal TNI-Rakyat" tertanggal 5 Oktober 2003. Kendi itu menggambarkan perjuangan TNI yang tidak lepas dari dukungan rakyat. Bahkan masih banyak lagi koleksi yang tidak dapat disebutkan satu per satu.

3 Museum Unik di Semarang yang Harus Anda Kunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *